Minggu, 18 Maret 2012

MODIFIKASI : Naik Vespa Excel Bergaya Skubek






BERITA - otomotif.infogue.com - KOMPAS.com - Vespa diubah menjadi model skubek bisa dibayangkan pengerjaannya. Semua kerangka pasti dipermak. Sokbreker kombinasi jalan raya dan garuk tanah (trail). Sementara Kedua roda diadopsi dari Suzuki Karimun. Nah, lo aneh kan!

Bukan David Lesman kalau tidak menciptakan karya yang aneh. Terlebih dengan Vespa, builder cukup dikenal eksperimennya. Termasuk dengan Vespa Excel 1997 yang terinspirasi dengan MotoGP, terutama Ducati Desmosedici yang ditunggangi Casey Stoner.

Untuk mendapatkan tampilan itu, semua rangka dirombak total. Khususnya swing-arm jadi fokus utama lantaran mesin kendaraan produk Italia itu di kanan. Salah hitung, kata anggota klub Stripe (Scooter Independent) Jakarta, ini motor bisa miring. Karena itu, ia beberapa kali ia melakukan uji coba penyesuian posisi agar pas.

Akhirnya didapat, untuk lengan ayun jatuh pada Suzuki Satria 120. Namun monosok dipakai dari MX. Kemudian, antara arm dan mesin yang di kanan dibuatkan lagi pegangan dari lempengan besi setebal 1,4 cm. "Sekarang bisa sambil lepas tangan karena motor sudah lurus dan stabil," ujar mantan pebalap Vespa itu.

Urusan kaki-kaki, David juga enggak mau ketinggalan ama aanak-anak skubek yang doyan pakai pelek mobil. Pilihannya jatuh pada pelek Suzuku Karimum untuk bagian belakang, sedang depan dicomot dari Yamaha Majesty. Sementara knalpot diambil dari Kawasaki Ninja.

Tameng Vespa dibuang total. Sebagai gantinya, David tertarik dengan Yamaha Jupiter MX. Sedang bagian buritan dibikin ala CBR250. Benar-benar sporty, kan!Lantaran inspirasinya Ducati, maka kelir pun dibikin merah.

David pun bangga bisa mewujudkan obsesinya Vespa disulap jadi skubek. Sebelumnya, pada 2005 pernah mengubah vespa layaknya semok mobil F1. Kita tunggu eksperimen berikutnya. (Nurfil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar